Kamis, 30 Agustus 2007

Sejarah BPTP

Sejarah BPTP JAWA BARAT

Pembentukan Balai Informasi Pertanian bermula dengan adanya gagasan tentang Pertanian.Balai Informasi pertanian dalam pembentukan Pusat Informasi Pertanian pada rapat kerja penyuluhan pertanian Indonesia di Jakarta tahun 1960. Atas dasar pengarahan rapat kerja Dinas Pertanian Rakyat Propinsi Jawa Timur mendirikan pusat pertanian ini terus dilanjutkan pada setiap propinsi, dimana akhirnya menjadi balai informasi Pertanian Jawa Barat yang diresmika pada tanggal 24 September 1979, namun secara operasional balai Informasi Pertanian Jawa Barat ini telah melaksanakan kegiatan anggaran 1978/1979 yakni sejak 1 April 1978. Saat itu Balai Informasi Pertanian Jawa Barat masih berupa sub Proyek Informasi Pertanian Tagineneng Lampung, Presiden soeharto yang meresmikan dan menandatangani Balai Informasi Pertanian ( BIP ) Pertama di Indonesia yaitu:
1. Balai Informasi Pertanian Gedong Johor (Medan)
2. Balai Informasi Pertanian Padang (Sumatra Barat)
3. Balai Informasi Pertanian tangineneng (Lampung)
4. Balai Informasi Pertanian kayu Ambon Lembang (Jawa Barat)
5. Balai Informasi Pertanian Ungaran (JawaTengah)
6. Balai Informasi Pertanian Wonocolo Surabaya (Jawa Timur)
7. Balai Informasi Pertanian Meninjau Mataram (NTB)
8. Balai Informasi Pertanian Banjar baru (Kalimantan Selatan)
9. Balai Informasi Pertanian Ujung Pandang (Sulawesi selatan)

Balai Informasi Pertaniandi Jawa Barat yang telah berkarya pada usaha pembangnan pertanian di jawa barat sejak tahun 1979, mulai tanggal 1 April 1995, menjadi terorganisasi menjadi pengkajian teknologi Pertanian.
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)Jawa Barat didirikan berdasarkan Sk mentri Pertanian RI NOMOR : 798/Kpts/OT.210/94 tanggal 13 Desember 1994 yang mulai berlaku efektif 1 April 1995. Sebagai ter organisasi di Departemen Pertanian BPTP Jawa Barat dan DKI Jakarta, yang bermula berada dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian,BPTP Jawa Barat adalah Unit Pelaksana Teknis pertanian (UPT),Badan Penelitian da pengembangan (badan Litbang), yang berada dibawah Pusat Penelitian Ekonomi Pertanian (PSE) yang bertugas di Jawa Barat.

Tidak ada komentar: