Jumat, 31 Agustus 2007

Tanaman Pangan

warta Terbaru

Didalam Website ini tersedia berbagai macam informasi mengenai Puslitbangtan, antara lain : » Informasi tentang Puslitbangtan, seperti tentang kami, jasa.
» Hasil atau data Publikasi yang telah diterbitkan oleh Puslitbangtan.
» Inovasi Teknologi Varietas.
» Deskripsi Varietas Unggul.
» Informasi lain, seperti Kegiatan yang diadakan oleh Puslitbangtan, dan masih banyak lagi.
Warta Terbaru

Bagan Warna Daun (BWD) kini dapat digunakan untuk Usahatani Jagung Sumber: Sunihardi, Puslitbangtan, 30-08-2007Kelompok Berita: Lain-lainBagan warna daun (BWD) kini dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan N pada tanaman jagung. Alat ini sudah banyak beredar di kalangan petani di seluruh Indonesia. Sebelumnya hanya digunakan untuk mengetahui kebutuhan N pada tanaman padi. Melalui penelitian yang terus menerus, BWD dapat digunakan untuk menghemat penggunaan N (urea) tanpa mengurangi hasil jagung.

Varietas Unggul Baru Jagung Hibrida
Sumber: Sunihardi, Puslitbangtan, 30-08-2007Kelompok
Berita: Lain-lainDepartemen Pertanian telah melepas varietas unggul baru jagung hibrida Bima-2 Bantimurung dan Bima-3 Bantimurung. Karakteristik jagung ini tetap hijau meski sudah siap panen. Karenanya sangat sesuai untuk penyediaan hijauan pakan ternak.

Edaran II - Simposium Tanaman Pangan V, Bogor, 28-29 Agustus 2007
Sumber: Sunihardi, Puslitbangtan, 23-08-2007Kelompok
Berita: Lain-lain
Pemerintah bertekad meningkatkan produksi pangan guna mewujudkan kemandirian pangan dan peningkatan pendapatan petani. Hal ini terkait dengan jumlah penduduk yang terus bertambah, sebagian besar masyarakat pedesaan menggantungkan ekonominya pada usahatani padi dan palawija, serta tersedianya sumber daya yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk pembangunan pertanian. Di sisi lain, upaya peningkatan produksi tanaman pangan dihadapkan kepada berbagai kendala dan masalah. Bagaimana pengaruh pemanasan global, serta kendala biotik dan abiotik lainnya terhadap peningkatan produksi. Selengkapnya..

Asian Regional Maize Workshop X
Sumber: Sunihardi, Puslitbangtan, 21-08-2007Kelompok
Berita: Lain-lainBadan Litbang Pertanian bekerjasama dengan International Maize and Wheat Improvement Center (CIMMYT) akan menyelenggarakan Lokakarya Jagung Asia yang ke-10 (the 10th Asian Regional Maize Workshop).
Selengkapnya..
Edaran I - Simposium Tanaman Pangan V
Sumber: SHD - Puslitbangtan, 23-08-2007Kelompok
Berita: Lain-lainPuslitbang Tanaman Pangan Bogor, 28 - 29 Agustus 2007 Pemerintah bertekad meningkatkan produksi pangan guna mewujudkan kemandirian pangan dan peningkatan pendapatan petani. Hal ini terkait dengan jumlah penduduk yang terus bertambah, ketersediaan beras di pasar dunia mengalami fluktuasi dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar masyarakat pedesaan menggantungkan ekonominya pada usahatani padi dan palawija, serta tersedianya sumber daya yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk pembangunan pertanian. Untuk itu pemerintah telah meluncurkan berbagai program peningkatan produksi. Pada tahun 2007, peningkatan produksi beras ditargetkan sebesar 2 juta ton dan pada tahun-tahun berikutnya meningkat 5% dari produksi nasional.

Tidak ada komentar: